Apakah Asuransi Mobil All Risk Selalu Lebih Untung Daripada Asuransi Mobil Total Lost Only?

Posted on

Apakah Asuransi Mobil All Risk Lebih Menguntungkan Daripada Total Lost Only?

Sebenarnya asuransi mobil all risk maupun asuransi total lost only memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Salah satu pertimbangan untung rugi dalam memilih asuransi mobil all risk ataupun total lost only adalah biaya premi yang harus dibayarkan.

Memang asuransi mobil all risk dapat memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh dan komprehensif bagi Anda.

Tetapi premi asuransi mobil all risk lebih besar dibandingkan asuransi mobil total lost only. Premi asuransi mobil all risk dapat lebih besar dua kali lipat dibandingkan asuransi mobil total lost only.

Selain premi yang lebih besar, sebagian besar orang dengan asuransi mobil all risk memiliki kecenderungan untuk tidak berhati-hati dalam mengendarai mobil mereka.

Bagi mereka yang memiliki asuransi mobil all risk, mereka dapat dengan mudahnya melakukan klaim jika terjadi kecelakaan kecil di jalan, karena segala risiko ditanggung.

Bahkan untuk manfaat perluasannya dapat menanggung pula kerusakan pihak ketiga akibat kecerobohan pengendara pihak pertama. Dan untuk melakukan klaim di dalam setiap kejadian, pemilik polis asuransi harus membayar OR atau own risk.

Oleh karena itu, biaya yang dikeluarkan ketika memiliki asuransi mobil all risk tidaklah sedikit.

Pada umumnya pengendara mobil yang hanya memiliki asuransi mobil total lost only, biasanya pengendara mobil akan lebih berhati-hati karena kerusakan yang ditanggung hanya kerusakan besar atau kehilangan.

Mereka takut jika mobil tersebut hanya lecet atau mengalami kerusakan kecil karena mereka tidak bisa melakukan klaim jika hanya memiliki asuransi mobil total lost only.

Pertimbangan lainnya adalah seberapa sering mobil tersebut digunakan untuk bepergian. Jika mobil tersebut jarang digunakan, tentu saja risiko untuk mengalami kecelakaan juga semakin kecil sehingga pada kenyataannya asuransi mobilnya belum tentu akan bermanfaat secara optimal.

Berbeda dengan orang yang selalu menggunakan mobilnya untuk bepergian sehari-harinya, tentu risiko kecelakaan akan lebih besar dan memiliki asuransi mobil all risk akan lebih menguntungkan daripada harus memperbaiki mobilnya sendiri.

 

Baca juga : 6 Keuntungan Yang Hanya Dimiliki oleh Asuransi Syariah

 

Beli Asuransi Mobil Sesuai Dengan Rencana Keuangan Anda

Baik asuransi mobil all risk maupun asuransi mobil total lost only, keduanya memiliki pertimbangannya masing-masing.

Ketika Anda ingin membeli asuransi mobil, pastikan Anda terlebih dahulu merencanakan keuangan Anda.

Asuransi mobil all risk memang memberikan perlindungan ekstra tetapi biaya yang dikeluarkan juga besar.

Yang harus Anda tanyakan pada diri Anda adalah apakah keuangan Anda dapat mencukupi seluruh biayanya? Apakah asuransi mobil all risk akan bermanfaat untuk kebutuhan Anda? Atau apakah jauh lebih baik Anda menggunakan asuransi mobil total lost only dan merencanakan kelebihan dananya ke tujuan keuangan lainnya?

Silahkan Anda rencanakan keuangan Anda dan membeli asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *